Kamis, 13 Maret 2014

Pemilu 2014

PEMILU 2014



Pemilu 2014 sudah semakin dekat dan saatnya momentum ini digunakan secara tepat untuk memilih pemimpin yang mempunyai sifat “problem solving leader” atau pemimpin yang mampu membawa bangsa ini keluar dari persoalan besar yang dihadapi selama ini.

Indonesia ke depan membutuhkan pemimpin yang mampu menjawab persoalan besar bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, ketidakmerataan, dan penegakan hukum, dan hal tersebut membutuhkan ketokohan yang teruji, kuat, berani, jujur, dan sudah terbukti dari rekam jejaknya.

Tahun 2014 sangat menentukan arah bangsa Indonesia, apakah akan membawa Indonesia ke negara maju atau justru negara gagal. Pemuda indonesia memiliki tanggung jawab yang besar dalam tatanan kehidupan masyarakat karena pemuda dipandang memiliki kemurnian idealisme.

Pemuda turut berperan serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa indonesia, yakni peranan pemuda sebagai sebuah kekuatan moral, sebagai agen perubahan dan agen kontrol sosial dalam masyarakat. Potensi pemuda akan sia-sia bila pemuda masih dipandang sebagai potensi suara saja.


tahun 2014, akan menjadi saat dimana seluruh warga negara Indonesia melakukan pemilihan Presiden yang ke-tiga kalinya di Indonesia dimana jangka waktu jabatan presiden selama lima tahun.

Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden Indonesia saat ini secara konstitusional dilarang ikut untuk ketiga kalinya dalam Pemilu (Pemilihan Umum) dikarenakan masa jabatannya yang telah berlangsung selama 2 dekade kepemimpinan.

Pada tahun 2014 ini beberapa Nama calon dari berbagai partai politik besar sedang melakukan berbagai lobi atau pendekatan ke berbagai daerah untuk mendapatkan popularitas dan dukungan dari masyarakat. Partai Politik yang akan mengusung Calon Pilpres juga harus memiliki sekitar 20% dari Kursi yang ada di DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) tentu saja Koalisi dengan Parpol lain menjadi salah satu cara dalam memperoleh suara.


SISTEM PEMILU 2014


Indonesia akan menggunakan sebuah sistem baru yang berbasis elektronik dengan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) yang telah disiapkan dan disosialisasikan pada tahun 2012 dimana perubahan KTP lama menjadi e-KTP.

Sistem e-Voting ini di harapkan dapat segera digunakan pada tahun 2014 dalam memudahkan masyarakat dalam melakukan voting dan mencegah berbagai praktik kecurangan.

BERIKUT DAFTAR NAMA CALON YANG TELAH MELAKUKAN DEKLARASI PILPRES
                 1. ABURIZAL BAKRIE



Merupakan orang terkaya No.1 se-Asia versi majalah Forbes pada tahun 2006, dan juga bertahan selama 6 tahun menjadi 40 orang Terkaya di Indonesia.

Aburizal Bakrie juga merupakan Ketua Umum Partai Golkar. Anda pasti pernah mendengar Bakrie dimana pada bulan mei 2006 salah satu unit usaha Grup Bakrie yaitu perusahaan pengeboran gas alam milik PT. Lapindo Brantas Inc. menyebabkan bencana lumpur lapindo seluas 400 hektar area dimana lumpur menutupi pemukiman, sekolah, jalan, pabrik dan sawah.



                 2. HARY TANOESOEDIBJO



Hary Tanoesoedibjo Merupakan pasangan Wiranto dalam pemilihan presiden 2014. Hary Tanoe dikenal sebagai seorang pengusaha Media sukses Indonesia yang bernaung di bawah grup perusahaan Global Mediacom dan Bahkti Investama.

Hanry Tanoe merupakan pemilik dari Stasiun televisi RCTI (PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia) dan MNC (PT. Media Nusantara Citra Tbk.), Indovision, dll. 


3. HATTA RAJASA 


Merupakan Ketua Umum DPP PAN (Partai Amanat Nasional) periode 2010-2015 menggantikan Soestrisno Bachir dan juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia sejak Oktober 2009. 

Hatta Rajasa secara resmi di dukung menjadi Calon Presiden oleh Partai Amanat Nasional pada 11 Desember 2011 dalam Rapat Kerja Nasional PAN 2011.

Dimana sampai saat ini Hatta Rajasa masi belum mengeluarkan beberapa pernyataan mengenai Pemilu yang akan dilangsungkan pada tahun 2014.


4. PRABOWO SUBIANTO


Merupakan Mantan Danjen Kopassus, pengusaha dan Politisi dari GERINDRA (Gerakan Indonesia Raya).

Pada tahun 2009 Prabowo Subianto dicalonkan oleh partai Gerindra dalam pemilu presiden, namun karna perolehan suara Partai Gerindra Kurang dari 20 % maka Prabowo maju sebagai Calon Wakil Presiden dari Megawati Soekarnoputri.

Saat ini Prabowo sedang melakukan berbagai persiapan dalam pemilu presiden 2014.


5. SUTIYOSO 


Merupakan Gubernur DKI Jakarta selama 2 periode yaitu pada 6 Oktober 1997 - 7 Oktober 2007, setelah itu masa jabatannya di gantikan oleh Fauzi Bowo yang merupakan wakilnya.

Semasa jabatannya sebagai Gubernur, Sutiyoso banyak mengundang kontroversi dengan berbagai kebijakannya. Diantaranya terdapat kritikan-kritikan oleh berbagai orang terhadap proyek Angkutan Umum Busway, proyek Pemagaran Taman di kawawsan Monas Jakarta Pusat dan sejumlah proyek lainnya.

Pada 2007 sutiyoso mengumumkan dirinya akan maju sebagai calon presiden pada pemilu presiden 2009.


6. WIRANTO



Merupakan Politikus dan Tokoh Militer Indonesia. Wiranto pernah menjabat sebagai panglima TNI periode 1998 - 1999.

Wiranto merupakan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat pada periode 2006 - 2010, dan terpilih kembali dengan jabatan kedua yaitu 2010 - 2015.

Wiranto akan mengikut pilpres 2014 berpasangan dengan Hary Tanoe dimana kontroversi bermunculan dari dalam partai sendiri, bahkan media mengatakan akan mungkin terjadi perpecahan dalam partai politiknya.



Daftar Pustaka



 
 
 

 



 
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar